Friday 25 March 2016

mengatasi kesalahpahaman dengan sahabat

mengatasi kesalahpahaman dengan sahabat

salah paham adalah terjadinya salah komunikasi atau salah tanggapan antara pihak satu dengan pihak kedua.

biasanya salah paham ini sering terjadi dikehidupan sehari hari seperti di kantor, sekolah, di rumah, dan salah paham bisa terjadi antara hubungan kekasih dan sahabat.
salah paham biasanya akan merusak suasana hubungan seseorang tetapi jika cepat diselesaikan salah paham akan kembali mencair.
tetapi jika tidak segera diselesaikan salah paham akan berakibat fatal, hubungan kerja bisa tegang, hubungan keluarga bisa panas, bahkan hubungan kekasih bisa putus.

nah yang saya alami dan akan saya bagikan kali ini adalah bagaimana mengatasi salah paham dengan teman atau sahabat.

saya rasa hal tersebut sudah sering sobat alami dan mungkin sobat sudah punya cara jitu tersendiri.
sebenarnya cara mengatasi salah paham ini tidak semuannya sama tergantung bagaimana sifat personalnya atau orangnya.
untuk masalah yang dihadapi tidak terlalu berpengaruh, karena apapun masalahnya jika kita paham dengan sifat orangya maka salah paham ini akan cepat terselesaikan.

nah ini tips cara mengatasi teman yang salah paham dengan berbagai kepribadian :

emosian

hahaha.. ini adalah sifat yang paling sulit untuk di taklukan, karena belum apa - apa kita sudah kena getahnya. hehehe

bagaimana mengatasinya?

jika sobat sedang mengalami perselisihan dengan teman sobat yang sifatnya cendrung emosian maka yang perlu sobat lakukan adalah menunggu waktu santai , jangan terburu - buru,  
ingat jangan sekali kali sobat menggunakan pihak ketiga seperti minta bantuan teman yang lain ataupun melalui telephone. karena hal tersebut tidak akan diterima oleh seseorang yang bersifat emosi.
jadi sekali lagi untuk menghadapi dan menyelesaikan kesalah pahaman terhadap teman yang bersifat emosian kita harus pelan - pelan, tunggu suasana hatinya santai, dan jika  setelah berhadapan dengan teman anda tunjukan sifat pasrah. dijamin teman anda akan luluh dan meleleh. hehehe

cuek

nah, ini juga termasuk sifat yang mengerikan karena apapun usaha yang kita lakukan biasanya akan sia - sia, 
saya pernah selisih dengan teman wanita saya yang sifat sangat cuek jangankan untuk menaggapi saya,  kadang - kadang di tegurpun saya di cuekin.
sudah hampir satu bulan kesalah pahaman diantara kami, akhirnya barulah saya mendapatkan suatu ide yang saya pun masih ragu apakah berhasil atau tidak.
ide saya adalah minta bantuan kepada keluarga sahabat saya tersebut, saya menemui ibunya dan saya ceritakan kejadian atau permasalahan yang sedang terjadi, dan ibunya pun mengerti.
setelah satu minggu saya menunggu ternyata saya terkejut dengan kedatangan teman saya tersebut kerumah dan dia meminta maaf. 
kan lega hati saya, ternyata ide yang saya anggap ragu - ragu ternyata ok juga.

jadi dari pengalaman saya cara untuk mengatasi kesalahpahaman dengan sahabat yang mempunyai sifat cuek adalah melalui keluarganya sendiri.
karena biar bagaimanapun walau sahabat kita sifatnya cuek, tentunya dia tidak akan begitu terhadap keluarganya, apalagi ibunya.


sensitif

cara mengatasi kesalah pahaman kepada seseorang yang bersifat sensistif kita bisa melakukan cara seperti menghadapi teman yang bersifat emosian.
tetapi kita harus benar benar paham apa yang paling membuat teman kita jadi sensitif, agar kita bisa menghindari kesalahan kedua kali.
jika teman sobat adalah wanita cobalah dengan memberikan sesuatu yang ia sukai.
nah biasanya untuk mengahadapi teman yang sensitif ini tidak memerlukan waktu yang lama sob.

pendiam

waahh.. ini yang paling parah 
karena kita tidak tau apa yang di inginkan oleh teman kita ini, bahkan orang yang pendiam, ini sangat sulit ditebak kepribadiannya.
tetapi berdasarkan pengalaman teman dari teman saya dia menyelasaikan masalahnya dia mengajak teman - teman yang lain. 
karena jika kita bicara empat mata tentunya kita tidak akan bisa menikmati suasananya. 

salah paham sebenarnya terjadi hanya karena salah komunikasi dan salah tanggapan, jadi untuk mencegah terjadinya hal tersebut kita hanyala perlu untuk lebih terbuka dan jauhkan dari sifat mudah tersinggung. karena hal tersebut akan berbahaya terhadap suatu hubungan.
dan kadang - kadang seseorang tidak menyadari bahwa tidak ada yang salah diantara mereka dan hanyala kesalahpahaman.


ok sob, semoga hubungan anda akan selalu lurus tanpa ada tikus tikus.

No comments:

Post a Comment